Posts

AP II Membuka Peluang Terminal 1B Soetta Bekerja Saat Pucuk Arus Balik




Angkasa Pura II (AP II) meramalkan pucuk arus balik masyarakat yang mudik terjadi pada 7-8 Mei 2022. AP II juga mempersiapkan beberapa scenario untuk menahan penimbunan penumpang, khususnya di Lapangan terbang Soekarno-Hatta (Soetta).


"Jadi arus balik diprediksi itu pucuknya bisa terjadi pada 7 dan 8 Mei 2022 . Maka kehadiran bagasi dan orang selanjutnya penataan keluar terminal atau keluar lapangan terbang ini harus juga memberi satu agunan kejelasan. Transportasi darat atau land transportation ini harus juga kita yakinkan. Bagaimana selanjutnya persiapan kereta lapangan terbang, persiapan bis yang keluar lapangan terbang, termasuk taksi, taksi online, terhitung penataan penjemputan penumpang yang tiba di luar lapangan terbang untuk jemput beberapa pemudik yang kembali," kata Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin ke reporter, Rabu (4/5/2022).


Ia menjelaskan gerakan pesawat pasti akan ditata supaya ada kejelasan waktu keberangkatan dan kehadiran. Ia menjelaskan AP II akan memperhitungkan penimbunan penumpang bila mendadak terjadi ketertinggalan penerbangan.


"Itu akan bawa resiko dioperasi lapangan terbang atau jam operasi lapangan terbang bisa juga tukar karena ketidakjelasan waktu," katanya.


Awaluddin buka peluang Terminal 1B Lapangan terbang Soetta dibuka lagi bila arus balik meluap. Sekarang ini, baru terminal 1A Soetta yang sudah bekerja kembali sesudah ditutup semenjak awalnya wabah Corona terjadi di Indonesia.


"Benar-benar mungkin. Kami juga lakukan beragam penyiapan itu . Maka, jika Terminal 1A yang dibuka ada kekuatan ledakan trafik atau perjalanan penumpang, kami akan aktifkan Terminal 1B, hingga kelak kelonggaran dan kenyamanan dan kecepatan dari service arus balik menjadi satu hal yang jelas, baik operator lapangan terbang atau untuk penumpang," katanya.


Ia menjelaskan Terminal 1B siap dibuka. Ia menjelaskan beragam sarana simpatisan seperti kereta antarterminal akan bekerja untuk membuat lancar arus balik.


"Sama seperti hal kami aktifkan kereta antarterminal (skytrain) dan lain-lain ya, terhitung beberapa sarana simpatisan yang lain jika memang diperlukan untuk itu lah konteksnya kecepatan, keakuratan, dan kenyamanan dari service pada arus angkutan Lebaran di tahun ini," katanya.


Ia menghimbau masyarakat tidak menanti hari akhir cuti bersama untuk kembali ke perantauan dari desa halaman. Ia mengharap masyarakat mengelola waktu datang dari desa halaman dengan memerhatikan perkiraan pucuk arus balik.


"Maka dari itu, untuk memberi perasaan nyaman dan kelancaran untuk beberapa pemakai jasa Lapangan terbang dan pemakai transportasi udara supaya lebih mengatur untuk saat kembalinya dari mudik. Kami harap, opsi transportasi udara jadi opsi yang tidak lagi sekedar alternative, tapi fokus karena trafik di angkutan Lebaran tahun ini benar-benar lumayan tinggi," terangnya.

Post a Comment

© Berto Tech. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld