Posts

1 PP-4 Perpres Turunan UU IKN Selesai, Mengatur Permodalan sampai Tata Ruangan


Satu Ketentuan Pemerintahan (PP) dan empat Ketentuan Presiden (Perpres) berkaitan Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah selesai. Lima ketentuan turunan UU IKN itu atur masalah permodalan sampai tata ruangan.


Disaksikan detikcom dari situs Kemensetneg, Rabu (4/5/2022), lima ketentuan itu adalah PP nomor 17 tahun 2022 dan Perpres nomor 62, 63, 64 dan 65 tahun 2022.


Berikut ringkasan lima ketentuan itu:


PP 17 tahun 2022


PP nomor 17 tahun 2022 mengenai Permodalan dan Pengendalian Bujet dalam Kerangka Penyiapan, Pembangunan, dan Perpindahan Ibu Kota Negara Dan Penyelenggaraan Pemerintah Wilayah Khusus Ibu Kota Nusantara itu ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 18 April 2022.


PP itu terbagi dalam 10 Bab dan 190 pasal. PP itu atur sumber, pola, gagasan kerja, sampai pengendalian asset dalam kepenguasaan (ADP) Otorita Ibu Kota Nusantara.


Dalam Pasal 3 PP ini, sumber permodalan penyiapan, pembangunan dan perpindahan IKN dan penyelenggaraan pemerintah IKN disebutkan datang dari APBN dan/atau sumber yang lain syah sama sesuai ketentuan perundang-undangan.


Pola permodalan yang mengambil sumber dari APBN bisa berwujud berbelanja dan/atau pendanaan. Disamping itu, ada juga pola pendanaan inovatif untuk permodalan IKN.

Post a Comment

© Berto Tech. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld