Kemenhub Maksimalkan Pola Ganjil Genap dan One Way Urai Kemacetan Musim Mudik 2022

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian


Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memaksimalkan pola penataan management eksperimen jalan raya satu arah atau one way dan ganjil genap sepanjang Angkutan Lebaran 2022 untuk menahan kemacetan.


Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan, implikasi one way dan ganjil genap yang pertama diaplikasikan pada Kamis (28/04) sampai Jumat (29/04) ini lumayan mampu menghindar kemacetan di sejauh KM 47 (Tol Jakarta-Cikampek) s/d KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).


"Kami terus bekerjasama dengan Kepolisian sebagai eksekutor tehnis di atas lapangan. Koordinir ini kami kerjakan dengan periodik untuk memperhitungkan peluang-kemungkinan yang lain sepanjang pemerlakukan one way dan ganjil genap," kata Budi Setiyadi dalam penjelasannya yang diawasi di Jakarta, Jumat 29 April 2022.


Dirjen Budi minta warga untuk selalu memerhatikan keadaan kendaraan dan fisiknya saat sebelum berkendaraan jarak jauh.


"Yang paling penting , kami harap warga bisa patuhi rambu-rambu jalan raya atau instruksi petugas di atas lapangan supaya perjalanan masih tetap lancar dan tanpa kendala. Kami terus akan usaha untuk memberi servis yang terbaik," katanya, seperti dikutip dari Di antara.


Untuk gerakan kendaraan individu, berdasar data dari Jasa Marga, trend kenaikan jalan raya yang tinggalkan Jabotabek ke timur lewat Jalan Tol Cikampek terus terjadi.


Pada H-4 tempo hari, jalan raya di GT Cikampek Khusus sekitar 84.234 kendaraan, atau naik sampai 149,8 % bila dibanding dengan jalan raya normal pada masa November 2021.


Dan secara kumulatif, mulai H-10 s.d H-4, Jumat-Kamis (22-28 April 2022), sekitar 1.157.959 kendaraan tinggalkan daerah Jabotabek, atau naik 14,1 % bila dibanding dengan lalu lintas normal masa November 2021 dengan keseluruhan 1.015.248 kendaraan.


Korps Lalu Lintasi Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) kembali meluaskan pemerlakukan eksperimen jalan raya satu arah atau one way di Tol Trans Jawa pada arus mudik Lebaran 2022.


Kepala Sisi Operasi (Kabag Ops) Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi menjelaskan, peraturan one way diaplikasikan dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) s/d Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang.


Adapun peraturan one way ini berlaku semenjak Jumat (29/4/2022) jam 23.00 WIB s/d Sabtu (30/4/2022) jam 08.00 WIB.


"Jam 23.00 malam hari ini akan dikerjakan kembali one way dari KM 47 sampai KM 70, yang automatis jadi one way KM 47 sampai Kalikangkung KM 414 sampai jam 08.00 pagi besok," kata Eddy dalam info tercatatnya, Jumat (29/4/2022)


Eddy menjelaskan, warga yang hendak ke arah arah barat bisa memakai jalan Tol Trans Jawa kembali esok pada jam 10.00 WIB.


"Karena kami pada pukul 08.00 WIB sampai dua jam di depan akan lakukan normalisasi lebih dulu," tutur ia.


Adapun pemikiran peluasan peraturan one way ini salah satunya karena volume kendaraan arus jalan raya dari arah Jakarta masih tinggi.


"Dasar pemikiran, kenaikan arus dari Jakarta, arus samping dari Jawa barat ke Jakarta keadaan agak miring dan memungkinkannya untuk dilaksanakan," pungkas ia.


Awalnya, Korlantas Polri memendekkan tempat pemerlakukan one way di Tol Trans Jawa pada Jumat (29/4/2022) pagi atau H-3 Lebaran. Hal tersebut untuk menahan kepadatan arus jalan raya di Tol Cipularang dari arah Bandung ke arah Jakarta.


Polsi selanjutnya mengganti eksperimen jalan raya di batas Tol Jakarta-Cikampek jadi contraflow atau berlawan arah mulai Km 40 sampai Km 70. Hingga kendaraan dari arah Bandung ke Jakarta masih tetap dapat lewat di Tol Japek.


Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy awalnya minta kelompok media terus mempropagandakan keuntungan lajur mudik pantai selatan Jawa, terutamanya lajur lewat Garut di daerah pesisir selatan Jawa Barat.


"Saya minta kawan-kawan reporter turut menebarluaskan, mempropagandakan lajur pantai selatan yang paling cantik, mulus, tetapi belum digunakan dengan optimal oleh pemudik ini," katanya dalam pengujian lajur mudik di pos terintegrasi Limbangan Garut, Jumat (29/4/2022).


Menurut dia, kehadiran lajur mudik pantai selatan Jawa belum dioptimalkan kelompok pemudik, walau sebenarnya sejauh lajur itu dikenali mempunyai infrastruktur jalan yang bagus dengan panorama alam yang cantik.


"Barusan saya mengawasi melalui udara, memang lajur pantai selatan masih sepi," katanya.


Muhadjir mengatakan, walau di sejumlah titik masih diketemukan ada blank spot dengan jeleknya jaringan jaringan, tapi hal tersebut bukan kendala khusus yang mengusik pemudik saat melewati lajur mudik pantai selatan Jawa.


"Sebetulnya susahnya (jaringan) sesaat, kemudian akan memperoleh jalan yang lempeng tidak memperoleh kendala, harusnya ini peluang yang bagus buat pemudik," tutur ia memberikan keyakinan.


Dengan banyak kelebihan khususnya saat mudik Nasional 2022 ini kali, Muhajir minta seluruh pihak terhitung kelompok media, sanggup ajak pemudik coba lajur mudik pantai selatan Jawa.


"Silahkan optimis warga supaya melalui lajur selatan yang semakin nyaman cantik telah banyak warung yang ada," katanya.


Awalnya, Bupati Garut Rudy Gunawan sudah ajak pemudik untuk nikmati kesan lajur mudik pantai selatan Jawa. Selainnya infrastruktur yang mulus, pemandangan cantik alam pantai Garut, jadi bonus tertentu untuk pemudik.


"Kami merekomendasikan ini ialah lajur yang dapat dilewati untuk pemudik dari Jakarta ke arah Yogyakarta lewat lajur selatan, panoramanya hebat," tutur ia.


Selainnya mempunyai kontur jalan yang baik dan keelokan pemadangan alam, pemudik akan memperoleh keamanan dengan kedatangan 4 kantor Kepolisian Bidang (Polsek), 4 kantor Instruksi Rayon Militer (Koramil), dan 3 kantor kecamatan, sejauh lajur pantai selatan Garut.


"Kelak ada tempat wisata pantai Pucuk Guha dapat stop dahulu di sana ada panorama yang baik," katanya.

Post a Comment

© Berto Tech. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld