Jokowi Bagi 5.000 Paket Sembako untuk Masyarakat Yogyakarta

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi membagi sekitaran


Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi membagi sekitaran 5.000 paket sembako ke masyarakat Yogyakarta di halaman Gedung Agung, Sabtu (30/4/2022) sore.


Di antara merilis, beberapa ribu masyarakat berbaris mengular di luar pagar Gedung Agung semenjak jam 15.00 WIB.


Untuk ambil kontribusi itu, mereka harus memberikan coupon, selanjutnya masuk ke arah halaman segi selatan Istana Kepresidenan itu. Paket sembako itu yang terdiri dari gula pasir, minyak goreng, beras, dan biskuit.


Masyarakat yang sudah terima kontribusi mendapatkan peluang menegur Presiden Jokowi satu demi satu sepanjang sesaat.


"Aktivitas (Presiden) sore ini hari dalam rencana memberi dana untuk warga. Sekitaran 5.000 paket (sembako), " kata Kapolresta Yogyakarta Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Idham Mahdi yang menjaga penyelamatan di teritori Gedung Agung, Yogyakarta.


Menurutnya, proses pembagian kontribusi yang ikut dijaga personil TNI dan Polri itu jalan secara lancar dan teratur.


"Alhamdulillah s/d di sore ini hari masyarakat benar-benar semangat dan sedang berjalan teratur. Faksi kepolisian dalam masalah ini jaga kamtibmas dan jalankan Operasi Ketupat Progo 2022," tutur Idham.


Suranto (64) seorang pedagang rokok di Malioboro akui benar-benar untung. Karena, selainnya memperoleh kontribusi sembako, dia memperoleh peluang mengobrol dengan Presiden.


"Barusan sempat terlibat perbincangan sama Pak Jokowi. Ditanyakan kerjanya apa, jual apa? Saya berjualan rokok di Maliboro semenjak 1985. Saya asli dari Klaten," tutur Ketua Pedagang Asongan Malioboro ini.


Menurut Suranto, kontribusi dari Presiden Jokowi sangat memiliki arti untuknya, ingat sekarang ini masih periode wabah COVID-19.


"Punyai Presiden seperti Pak Jokowi ini benar-benar luar biasa, benar-benar disukai semua warga Indonesia . Maka, seringkali menolong masyarakat seperti saya pedagang kecil. Saya berterima kasih atas kontribusi Bapak Jokowi," katanya.


Dalam pada itu, masyarakat Pakualaman, Yogyakarta, Rochmah Hidayati (42) mengucapkan syukur memperoleh kontribusi itu walau pernyataan berkenaan pembagian sembako cukup tiba-tiba.


"Saya baru dikasih tahu dari Koramil barusan jam 10.00 pagi. Alhamdulillah dapat kebagian kontribusi," katanya yang akui berbaris sepanjang nyaris satu jam.


Presiden RI Joko Widodo datang di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Kota Yogyakarta, Sabtu siang sekitaran jam 13.00 WIB.


Awalnya, sehabis mengevaluasi Circuit Formulasi E di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4) Presiden Joko Widodo menjelaskan dianya akan mudik dan melakukan Sholat Idul Fitri di Wilayah Spesial Yogyakarta.


Walau tidak dapat pastikan berapakah lama akan ada di Yogyakarta, Presiden memperjelas jika faksi Istana tidak mengadakan aktivitas halalbihalal.


Jokowi datang di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Kota Yogyakarta, Sabtu (30/4/2022) siang. Jokowi akan habiskan tersisa Ramadhan sekalian rayakan Lebaran 2022 di Kota Gudeg.


Di antara merilis, Jokowi masuk kompleks Gedung Agung sekitaran jam 13.00 WIB dengan memakai mobil Toyota Alphard hitam.


Saat sebelum masuk gerbang Gedung Agung, orang nomor satu di Indonesia itu sempat arahkan penglihatan sambil mengangkat tangan dari dalam mobil ke keramaian masyarakat yang menyongsong kehadirannya.


Polisi dan prajurit TNI bersiaga jaga keamanan di muka gerbang Gedung Agung yang ada di teritori Jalan Malioboro itu.


Nur Hasanah (53), seorang pelancong asal Cilegon akui semangat menyongsong kehadiran Presiden Jokowi. Ia ikhlas menginterval sesaat dari jadwal rekreasi telusuri Jalan Malioboro untuk mendokumentasikan peristiwa itu.


Menurutnya, peluang itu sebagai pertama kali dia menyaksikan Jokowi langsung sekalinya cuma dari terlalu jauh.


"Suka dapat saksikan Pak Jokowi. Sempat saksikan tetapi beliau dari jendela saja. Kepinginnya dapat salaman sama Pak Jokowi," tutur Nur.


Bukannya ke daerah halamannya di Solo, Jawa tengah, Jokowi memutuskan untuk mudik ke Yogyakarta pada Lebaran 2022.


"Saya mudik ke Solo, tetapi saya tidak ke Solo . Maka saya ke Jogja," tutur Jokowi ke reporter seperti ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (25/4/2022).


Tidak cuma mudik, ia akan melakukan Sholat Idul Fitri di Yogyakarta. Walau demikian, Jokowi belum ketahui berapakah lama ia akan ada di Yogyakarta.


"Insyaallah iya (Sholat Idul Fitri di Yogyakarta)," sebut ia.


Jokowi mengutamakan ia tidak lakukan halal bihalal atau open house pada Lebaran tahun ini. Ini ingat halal bihalal bisa memunculkan keramaian warga.


"Tidak, sama seperti yang telah saya berikan, halal bihalal khususnya yang tersangkut keramaian banyak orang. Pemerintahan mengajak seharusnya tidak, intinya untuk beberapa petinggi," terang Jokowi.

Post a Comment

© Berto Tech. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld