H-2 Lebaran, Penumpang dari Jakarta Bertambah di Lapangan terbang Soekarno Hatta

Penumpang pesawat di Lapangan terbang Soekarno Hatta


Penumpang pesawat di Lapangan terbang Soekarno Hatta alami kenaikan pada H-2 Lebaran 2022. Kenaikan penumpang dari Jakarta ke beragam wilayah ini mulai terjadi sekian hari dekati pucuk arus mudik.


Untuk memberi kelancaran dan kenyamanan untuk pemudik, faksi kepolisian sediakan pos servis dan penyelamatan dan pos terintegrasi di Lapangan terbang Soekarno Hatta.


"Untuk memperhitungkan, sama sesuai instruksi itu kita membuat tiga pos servis di sini, pos penyelamatan masing-masing tiga," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, saat mengevaluasi pemudik di Terminal 3 Gate 5 Lokal Lapangan terbang Soekarno Hatta, Sabtu, (30/4/2022).


Selainnya faksi kepolisian, pengamanan di pos terintegrasi dilaksanakan aparatur TNI, dan Basarnas, dan semua stakeholder berkaitan. Faksi Maskapal Garuda Indonesia, bahkan juga sediakan vaksinasi booster gratis untuk beberapa penumpang.


"Berdasar laporan posko terminal 3 tidak ada peristiwa mencolok, terkecuali keramaian karena kenaikan volume terutamanya pada pagi hari. Karena pagi hari itu jam repot untuk semuanya jalur baik ke arah timur, ke arah barat atau ke semua Indonesia," tutur Fadil.


"Kodam, Polda bersama seluruh warga seperti satpam, hansip, karang taruna, remaja mushola, kita memiliki dayakan untuk jaga rumah masyarakat yang ditinggalkan mudik," katanya.


Dipertambah Pangdam Jaya, Mayjen TNI Untung Budiharto, yang mengatakan persiapan faksinya dalam menolong memberi kenyamanan untuk beberapa pemudik, baik itu memakai model pesawat, darat atau kapal yang berada di Indonesia.


"Kita jamin kenyamanan semua masyarakat yang hendak tinggalkan Jakarta, sama seperti yang dikatakan Kapolda. Kita akan jaga permukiman yang ditinggal hingga nyaman, tenang dan aman untuk berjumpa dengan keluarga dengan nyaman," papar Untung.


Dalam pada itu, jalan raya di lajur Pantura daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, makin bertambah mencolok. Kenaikan, bahkan juga capai 100 % pada H-3, Jumat 29 April 2022 tempo hari.


Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Gidion Bijak Setyawan, menjelaskan ada 70.000 kendaraan yang melewati lajur Pantura, baik kendaraan beroda 2 atau empat. Semua kendaraan awalnya terdaftar lewat di rest tempat Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi.


"Kendaraan motor baik beroda 2 dan beroda 4 yang lewat di Pantura khususnya di Kabupaten Bekasi, alami kenaikan hari lalu sejumlah 100 %," kata Gidion ke mass media.


Menurut dia, pemudik yang lewat dikuasai pengendara motor yang membawa juga keluarga. Pemudik beroda 4 dan bis ikut juga padati lajur Pantura itu.


Gidion menjelaskan, awalnya pada H-5 Lebaran ada 51.888 kendaraan yang melewati lajur Pantura. Selanjutnya pada H-4 atau Kamis 28 April 2022, banyaknya bertambah 100 %, yaitu 123.597 kendaraan.


Dan pada H-3 Lebaran, jumlah kendaraan yang melewati lajur Pantura sekitar 73.782 kendaraan. Walau termasuk padat, tetapi arus jalan raya bisa teratasi dan lancar.


"Sampai jam 17.00 WIB itu alami kenaikan, tetapi itu bisa disebutkan lancar," katanya.


Gidion pastikan tidak ada laporan berkaitan kecelakaan di daerahnya sepanjang arus mudik berjalan. "Tidak ada kasus kecelakaan, ujarnya.

Post a Comment

© Berto Tech. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld