Narasi Penulis Lagu Kukira Kau Rumah, Mundur dari Amigdala karena Alami Kekerasan Saat Kekasihan

Aya Canina, bekas penyanyi group Amigdala yang salah satunya lagunya jadi soundtrack film Kukira Kau Rumah, membuka suara mengenai kekerasan


Aya Canina, bekas penyanyi group Amigdala yang salah satunya lagunya jadi soundtrack film Kukira Kau Rumah, membuka suara mengenai kekerasan yang dirasakan sampai putuskan mundur dari group.


Dalam upload panjang di Instagram Story @ayacanina, Aya menceritakan awalnya penulisan lagu itu sebuah puisi yang dicatat pada tengah tahun 2016.


Selanjutnya ia sempurnakan jadi sebuah lirik lagu dengan gubahan dari Isa Maula Elfasya jadi sebuah lagu.


"Sedikit koreksi memiliki arti. Lirik utuh itu selanjutnya digubah oleh Isa Maula Elfasya jadi lagu," catat Aya.


"Februari 2017, Kukira Kau Rumah pertama kalinya diupload oleh Indielokal, kanal YouTube yang tampilkan beberapa lagu folk-indie fresh pada periode itu," sambungnya.


Lepas dari perjuangannya, terhitung turut menyumbang nama Amigdala untuk group itu, Aya putuskan keluar pada Agustus 2020.


"Ya. Saya keluar Amigdala karena saya alami kekerasan dalam kekasihan sepanjang kurun waktu 3,lima tahun itu," catat Aya.


"Dan itu benar-benar mempengaruhi keadaan psikis saya," paparnya.


Lewat uploadnya, Aya tidak tutupi figur bekas pacar yang sudah lakukan kekerasan pada dianya.


"Vokal 2 sekalian lead gitar. Orang yang selalu menyanyi bersama saya," kata Aya.


Atas peristiwa yang dirasakan, Aya cuman sayangkan perlakuan beberapa orang disekelilingnya waktu itu yang terlihat seperti usaha tutupi kekerasan yang terjadi.


Bahkan juga ketika bekas pacarnya itu telah keluar band, group tidak umumkan peristiwa yang sebetulnya.


"Sampai ini hari, setiap pertemuan virtual yang mengulas royalti, tidak ada satu juga keinginan maaf pada mereka," catat Aya.


Untuk info, lagu itu yang selanjutnya memberikan inspirasi Umay Shahab untuk menjadikan sebuah kreasi film dengan judul sama dengan yang sekarang sedang menarik perhatian.


"Saat sebelum saya cabut dan masih stay di Bandung tahun 2019, saya telah temu Umay Shahab, mengulas kemauannya untuk membikin film ini," catat Aya.


"Jadi filmnya tidak salah. Yang keliru Pinokio pintar bohong tetapi tetap imut. Film Kukira Kau Rumah kreasi Umay ialah proses pindah sarana lagu yang pantas dihargai," paparnya.

Post a Comment

© Berto Tech. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld