Pemerintahan Pantau Transaksi bisnis Pemakaian NFT

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengingati beberapa


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengingati beberapa basis transaksi bisnis Non Fungible Token (NFT) untuk pastikan platformnya tidak memberikan fasilitas penebaran content yang menyalahi ketentuan perundang-undangan, baik berbentuk pelanggaran ketetapan perlindungan data personal, sampai pelanggaran hak kekayaan cendekiawan. Ini karena semakin terkenalnya pendayagunaan tehnologi NFT.


"Menkominfo sudah memerintah barisan berkaitan di Kementerian Kominfo untuk memantau aktivitas transaksi bisnis NFT yang berjalan pada Indonesia," ungkapkan Juru Berbicara Kemkominfo, Dedy Permadi dalam info persnya, Senin (17/1).


Faksinya, lanjut Dedy, lakukan koordinir dengan Tubuh Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Kementerian Perdagangan (Bappebti) sebagai Instansi berkuasa dalam tata urus perdagangan asset kripto.


Mencuplik UU No. 11 Tahun 2008 mengenai Info dan Transaksi bisnis Electronic dan peralihannya dan ketentuan eksekutornya, mengharuskan semua PSE untuk pastikan platformnya tidak dipakai untuk perlakuan yang menyalahi ketentuan perundang-undangan.


"Pelanggaran pada kewajiban yang ada bisa dikenai ancaman administratif terhitung salah satunya pemutusan akses basis untuk pemakai dari Indonesia," terang ia.


Bila ada yang bisa dibuktikan menyalahi hukum, Kemkominfo tidak main-main akan berindak tegas untuk pemakai basis transaksi bisnis NFT.


"Kami akan ambil perlakuan tegas dengan lakukan koordinir bersama Bappebti, Kepolisian, dan Kementerian/Instansi yang lain untuk bertindak hukum untuk pemakai basis transaksi bisnis NFT yang memakai itu untuk menyalahi hukum," jelas ia.


Oleh karenanya, faksinya menghimbau warga agar bisa memberi respon trend transaksi bisnis NFT lebih arif hingga kekuatan ekonomi dari pendayagunaan NFT tidak memunculkan imbas negatif atau menyalahi hukum, dan terus tingkatkan literatur digital supaya makin mahir dalam manfaatkan tehnologi digital secara produktif, dan aman.

Post a Comment

© Berto Tech. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld