Cara Login BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi BPJSTKU dan Situs Resmi Terbaru 2022

Cara login bpjs ketenagakerjaan - Program atau layanan BPJS Ketenagakerjaan memberi banyak faedah ke beberapa karyawan di Indonesia.


Cara login bpjs ketenagakerjaan - Program atau layanan BPJS Ketenagakerjaan memberi banyak faedah ke beberapa karyawan di Indonesia.


Antara faedah yang dapat didapat karyawan saat jadi anggota BPJS Ketenagakerjaan yaitu sebagai agunan kecelakaan saat bekerja, sebagai agunan hari tua, sebagai agunan pensiun, dan sebagai agunan kematian.


Untuk yang turut kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, kamu dapat nikmati beragam fasilitas layanan yang disiapkan BPJS Ketenagakerjaan. Bila ingin memeriksa status kepesertaan, check saldo dan kepentingan yang lain, kamu dapat melakukan lewat aplikasi BPJSTKU atau berkunjung situs sah BPJS Ketenagakerjaan.


Untuk masuk ke aplikasi dan situ sah itu, kamu harus ketahui bagaimana cara login bpjs ketenagakerjaan.


Saat sebelum masuk ke aplikasi BPJSTKU, peserta harus terlebih dulu mendaftarkan BPJSTKU. Data yang perlu dipersiapkan yaitu:


• KTP

• E-mail yang aktif

• Nomor peserta KPJ atau Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan

• Nomor Smartphone yang aktif


Apakah itu Aplikasi BPJSTKU?


BPJSTKU sebagai aplikasi rintisan BPJS Ketenagakerjaan untuk layani keperluan peserta asuransi ini dalam beragam hal. Peserta bisa lakukan registrasi BPJS Ketenagakerjaan, memperoleh info sekitar BPJS, Saldo JHT, dan Perincian Saldo JHT tahunan. Ada info profile peserta dan replikasi Saldo JHT.


Aplikasi BPJSTKU ada di Google Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS. Sekarang ini, versus terkini aplikasi BPJSTKU di-launching pada 26 November 2020 dengan nomor 3.1.36 dan bisa dipakai piranti Android 4.1 ke atas dan piranti iOS 11.2 ke atas.


Cara Daftar Aplikasi BPJSTKU


Saat sebelum mendaftarkan, harus dipahami jika dalam aplikasi BPJSTKU ada 3 tipe kepesertaan, yakni Yang menerima Gaji (PU), Bukan Yang menerima Gaji (BPU), dan PMI (Karyawan Migran Indonesia). Sama sesuai dengan Ketentuan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 mengenai Agunan Kesehatan dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 mengenai Perlindungan Karyawan Migran Indonesia, pemahaman PU, BPU, dan PMI ialah:


• PU: Tiap orang yang bekerja pada Pemberi Kerja dengan terima upah atau gaji. Misalnya ialah beberapa karyawan yang memperoleh upah seperti pegawai swasta, BUMN, PNS, TNI, POLRI, yayasan dan lain-lain. Untuk PU, perusahaan tempat kerja yang bertanggungjawab untuk registrasi keanggotaan dan pembayaran pungutan diambil dari upah.

• BPU: Karyawan bidang berdikari yakni karyawan yang memperoleh upah berdasar hasil upayanya sendiri seperti pedagang, petani, nelayan, s0pir angkot dan lain-lain. BPU berkuasa untuk mendaftar diri kita dan bayar pungutan sama sesuai dengan jumlah penghasilan.

• PMI: Tiap masyarakat negara Indonesia yang hendak, sedang, atau sudah lakukan tugas dengan terima gaji di luar daerah Republik Indonesia. Registrasi PMI dilaksanakan oleh Tubuh Nasional Peletakan Pelindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).


Pemakai BPJSTKU harus daftarkan diri lebih dulu saat sebelum memakai aplikasi. BPJSTKU layani dua tipe registrasi yakni registrasi peserta baru yang diperuntukkan untuk warga yang serupa sekali belum mempunyai BPJS Ketenagakerjaan. Lantas ada registrasi pemakai BPJSTKU yang diperuntukkan untuk warga yang sudah mempunyai BPJS Ketenagakerjaan tetapi belum mempunyai akun BPJSTKU.


Untuk PU, perusahaan pemberi bekerja akan mendaftar beberapa pegawainya hingga tiap pegawai sudah memperoleh Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) dan tak perlu mendaftarkan kembali, PU perlu membuat akun BPJSTKU untuk memakai aplikasi. Dan untuk BPU, bila tidak pernah mendaftarkan dan memperoleh KPJ, aplikasi BPJSTKU layani registrasi peserta baru sekalian registrasi akun BPJSTKU.


Bagaimana cara registrasinya? Baca keterangan di bawah ini.


Jika belum mempunyai nomor KPJ, warga bisa daftarkan diri lewat aplikasi BPJSTKU untuk memperoleh nomor KPJ yang selanjutnya bisa dipakai untuk mendaftarkan akun baru di aplikasi BPJSTKU. Untuk PU, registrasi dilaksanakan oleh perusahaan masing-masing sementara untuk BPU, registrasi dilaksanakan berdikari. Persayaratannya bisa dibaca di bawah ini:


1. Ambil aplikasi BPJSTKU di Play Toko atau App Toko.


2. Membuka dan click registrasi pemakai.


3. Masukan alamat e-mail aktif.


4. Kamu akan terima nomor PIN untuk lakukan pengaktifan lewat e-mail.


5. Masukan kode pengaktifan di kolom yang ada.


6. Click menu Verifikasi.


7. Login dengan PIN baru dan verifikasikan peserta BPJS Ketenagakerjaan.


8. Masukan data diri seperti nama komplet, tanggal lahir dan nomor KTP.


9. Masukan 11 digit nomor BPJS Ketenagakerjaan (ada di kartu peserta).


10. Masukan nomor smartphone aktif.


11. Masukan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS.


12. Bila registrasi usai, kamu dapat login BPJSTKU memakai akun yang didaftarkan.


Sesudah mendaftarkan dan memperoleh KPJ, peserta BPU bayar pungutan sama sesuai masa yang diputuskan dan bisa memakai aplikasi BPJSTKU dengan mendaftar pemakai baru.


Registrasi Pemakai BPJSTKU


Registrasi pemakai BPJSTKU diperuntukkan untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah mempunyai nomor KPJ dan ingin membuat akun baru pada aplikasi BPJSTKU untuk terhubung layanan dan info. Beberapa langkah pembikinan akun baru BPJSTKU ialah:


1. Tentukan Registrasi Pemakai BPJSTKU


2. Tentukan tipe kepesertaan


3. Proses register dimulai dengan masukkan alamat e-mail yang aktif, click seterusnya


4. Check e-mail anda untuk menyaksikan kode verifikasi (6 digit angka)


5. Tulis kode verifikasi berbentuk 6 digit angka yang dikirim ke e-mail, lalu click verifikasi


6. Tulis tanggal lahir anda sama sesuai KTP


7. Tulis nomor KTP anda (16 digit)


8. Tulis nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan


9. Tulis nomor smartphone anda yang aktif

10. Tulis kode verifikasi (6 digit) yang di sudah dikirimkan lewat SMS, lalu click verifikasi


11. Tulis password yang anda bikin sendiri seperti keinginan anda (8 watak). Penting untuk dikenang karena password ini akan dipakai untuk login aplikasi BPJSTKU


12. Proses registrasi usai


Cara Login BPJS Ketenagakerjaan


Sesudah lakukan registrasi, Anda bisa login dengan lakukan cara login bpjs ketenagakerjaan berikut:


1. Membuka aplikasi BPJSTKU


2. Masukan alamat e-mail dan PIN sandi yang sudah dibikin


3. Bila lupa sandi, click "lupa sandi", selanjutnya sandi akan dikirimkan ke e-mail yang tercatat


4. Bila alami kesusahan atau kendal saat login BPJSTKU, kontak call-center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500910


Bila kamu bisa login ke aplikasi BPJSTKU, kamu akan memperoleh beragam feature di aplikasi itu. Feature yang ada yaitu kartu digital, check saldo JHT, claim saldo JHT dan Replikasi.


Selainnya melalui aplikasi BPJSTKU, untuk memeriksa status kepesertaan dan saldo bisa juga dilaksanakan dengan terhubung sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Selanjutnya click menu register. Kamu akan disuruh isi document, yaitu:


• Nomor KPJ aktif

• Nama Komplet

• Tanggal lahir

• Nomor e-KTP

• Nama Ibu Kandungan

• Nomor handphone dan alamat e-mail

• Bila sukses, kamu akan memperoleh PIN. PIN dikirimkan lewat e-mail dan SMS


Saat semuanya sudah sukses, kamu dapat masuk ke sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dengan masukkan alamat e-mail dan password kolom pemakai. Sesudah sukses login, kamu dapat pilih layanan apa yang kamu harapkan.


Cara Check Saldo BPJSTKU


Sesudah mempunyai akun, warga bisa memakai layanan yang ada pada aplikasi BPJSTKU, satu diantaranya ialah pengujian saldo. Untuk check saldo BPJSTKU, turuti beberapa langkah berikut ini:


1. Membuka aplikasi BPJSTKU


2 Click "Login"


3. Isi alamat e-mail dan password selanjutnya click "Login"


4. Pada halaman khusus, tentukan pilihan "LIHAT SALDO"


5. Selanjutnya akan ada jumlah saldo dan rinciannya


Sesudah pahami keterangan di atas, warga diharap bisa terhubung layanan BPJS Ketenagakerjaan secara aman dan mudah hingga bisa kurangi mobilisasi untuk menahan penyebaran virus Covid-19.


Itu lah cara login bpjs ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJSTKU dan situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Silakan berusaha untuk nikmati layanan fasilitas di BPJS Ketenagakerjaan.

Post a Comment

© Berto Tech. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld